Friday, January 21, 2011

Batu Karas..I'm in Love (again and again) -Part 1-

"Gimana klo taun baru kita ke Batu Karas???"..

Pertanyaan itu lgsg gw lontarkan ke cow gw sekitar bln November 2010 saking pengen n kangeeennnya gw sama pantai itu..Selama 2010, gw udh 3x ke Batu Karas, yg pertama pas ngerayain bday gw tgl 12 Maret, gw ber-6 kesana sama tmn-tmnnya cow gw anak Simple Family, yang ke-2 pas ngerayain bdaynya cow gw bln Juli (tp bday cow gw 30 Juni), gw kesana ber-5 sama kedua ade gw n tmnnya cow gw Adiboy dan yang ke-3 yaa pas taun baru 2010 ini..Ga tau kenapa gw selalu kangen bgt sama Batu Karas, itu pantai termasuk pantai fav gw selaen pantai BluePoint di Bali..Byasanya gw klo udh pergi ke suatu tempat, gw males pergi lg ke tempat itu, dgn alesan pengen nyoba hal baru..Tadinya sempet pengen ke Garut coz setau gw di Garut jg punya pantai yang keren, kebun teh yg bagus bgt dan jg ada Kampung Sampireun yg gw penasaran bgt..Nah opsi lainnya yaitu nginep ke Puncak bareng keluarganya cow gw tp gw ksh masukan klo ke Puncak bsknya rafting di Citarik, tapi sayangnya pada ga mau rafting dan gw mikir kalo taun baruan di Puncak gw prnh pas taun baruan 2008 sama tmn-tmnnya cow gw anak Simple Family..

And the final decision was Batu Karas..horaaaayyyyyy *jungkirbalik

Pantai Batu Karas

30 Des 2010

Wuiihh..ini hari yang paling mendebarkan bgt..dimana gw blm dpt kepastian dr kantor klo tgl 31 Des libur apa ga..bisa gagal semuanya klo tgl 31 ternyata kantor gw ga libur..Mulut gw udah komat kamit berdoa pagi itu semoga libur..libur dan libur..and really big thanks God, pas jam 10 pg Presdir gw ngomong ke gw klo nanti balik kantor jam 4 dan bsk libur...Whoooaaaaa...speechless..sueenenngg bgt (kayanya dpt berita yg awalnya deg''an bikin seru dey klo hasilnya sesuai ma doa kita..ya ga)..Langsung dey gw ym'in cow gw bilang..Batu Karas session 3 reaaadddyyyyy!!!!! Untuk Batu Karas yang ini gw ber-4 sama cow gw n 2 org tmnnya cow gw yaitu Addieboy n Pale..Menurut gw ini jumlah yang pas untuk traveling kali ini coz kita modal nekat aja secara di Batu Karas ga dpt penginapan jg..Klo kata Adieboy mah streetcore aja dey (hadeeuuhhh..english kacau itu mah..maap yee dii)..

Pasang surfboard dulu smbil begaya sblm capcus..

Gw dijemput jam 18.30 dan yang mendebarkan adalah kesananya naek SWIFT (gubraakk...), secara mobilnya cow gw yg Stream dpake ke Puncak ma kel'nya..Wadooohhh..perjalanan jauh naek mobil city car n kudu bawa surfboard jg (gileeeee ga tuh...), but overall dinikmatin aja lhaa (walopun br smpe Nagrek udh pegelnya ampun-ampunan). As usual, gw melipir dulu di Starbucks KM 19 (my fav coffeeshop if i go traveling) utk menyeruput nikmatnya Greentea Frapucinno..sslluurrpp..udh gt lucunya gw dikasih extra shoot green tea plus caramel lho sama barista'nya (sayangnya gw ga sempet perhatiin nama baristanya itu)..

Baru 2 jam jalan, sempet mampir utk makan di sekitar Cileunyi sesudah keluar tol..tetep yang dicari nasi goreng sambil nyari tahu sumedang yg banyak di pinggir jln itu..Tapi tahu'nya asin amat yaa trus klo udah dingin ga enak pula..Lanjut jalan lg dan si bubby a.k.a cow gw udh tepar aja tdr sepanjang perjalanan..Alhasil yg ngoceh n cekikikan di mobil cuma gw, addieboy n pale aja..Kebetulan utk pas brgkt si Pale yg nyetir..Sempet kena macet di sekitar Nagrek selama 1 jam lebih..huhuu..Kalo brgkt malem ga enaknya ga ada pemandangan yg bisa dilihat n bawaannya ngantuk mulu..Akhirnya gw tertidur jg selepas Nagrek dan bangun-bangun udah smpe Tasik sekitar jam 2an pagi. Rencananya emank kita nginep di Tasik dulu smlm, di rumahnya cow gw di daerah Mangkubumi, Tasik..Tidur lha kita dengan harapan bsk harus bgn pagi coz mau lanjutin jln ke Batu Karas..

31 Des 2010

Gw bangun sekitar jam 6an n langsung mandii..Wuiihh..sangat semangat 45 klo bawaannya traveling mah dan alhamdulillahnya ke-3 cow itu sangat gampang dibangunin..Abis bangun langsung diajak ke sawah n empang persis dibelakang rumah cow gw..ceritanya ciy mau ngangon bebek gt masa tuanya..haha..
Sekitar jam 8 pg selesai mandi n beres-beres, kita langsung capcus ke Batu Karas..sarapan dulu di lesehan pinggir sawah msh di daerah Tasik dengan makanan khas Tasik yaitu TO alias Tutug Oncom..That was the first time i try it and so delicious..maknyuuss lha pokoknya..
Di daerah Tasik banyak tempat lesehan pinggir sawah yang jual nasi TO karena memang makanan khasnya Tutug Oncom, itu sejenis nasi yg dicampur sama oncom n makannya wktu itu gw pake ayam goreng n irisan telur dadar, selaen itu gw jg nyobain Lengko (klo ga slh ya namanya) itu sejenis lontong sayur tp kuahnya kaya opor gt..

Nasi TO & Lengko khas Tasik yg maknyuuss..

Selesai makan TO sekitar jm 9, gw langsung jalan lg..ditemenin ma sekumpulan CD ciamik dr Mariah Carey, Rihanna, Beyonce, Homogenic smpe PeterPan jg..Apalagi ditambah pemandangan sepanjang jalan menuju Batu Karas keren-keren bgt..dr mulai bukit, sawah, pegunungan..Itu yg gw suka bgt dr traveling..bisa nyegerin mata gw bgt yang sehari-hari berkutat ma komputer, jalanan yg macet n sejenisnya..

Sekitar jam 11.30 siang, gw smpe di Pantai Pangandaran..Ini kedua kalinya gw ke Pangandaran, pantainya lumayan bagus menurut gw dgn garis pantai yang panjang persis kaya pantai ParangTritis dan katanya ciy di Pangandaran kita bs ngeliat sunrise n sunset di pantai itu..Banyak ko' aktivitas yg bs dilakuin di Pangandaran kaya bodyboarding, ATV, horse riding..Penginapan sekitar Pangandaran jg byk dr mulai yg murah smpe yg bintang 3 jg ada..Di pinggir pantai Pangandaran banyak tukang jualan makanan, minuman dan cinderamata..

Pantai Pangandaran

Niat awalnya ciy cuma mampir sebentar di Pangandaran coz ada om-nya cow gw lg bikin event disana, eh ga taunya gw tertarik utk nyoba dtgin pantai yg ada di deket pantai Pangandaran yaitu pantai Pasir Putih..Sblmnya gw emank pernah baca n googling ttg Pasir Putih n beberapa pantai di dekat Pangandaran, akhirnya gw lbh pilih ke Pasir Putih coz pengen coba liat terumbu karangnya dgn snorkeling..Waktu itu gw mutusin utk nyewa perahu yg dikenain charge 15rb/org n snorkeling 30rb/org sepuasnya..Jadi kita dianter ke pantai Pasir Putih n pulangnya dijemput lg klo kita udah puas snorkeling n nikmatin pantai Pasir Putih tp ada batas terakhirnya jam 5 sore (ya iyaa lha sapa jg yg mau leyeh" di pantai itu mlm-mlm..sereemm kaliii)..Sempet jg ditawarin paket 250rb udh all in termasuk snorkeling, jalan" ke Cagar Alam Pananjung n muter-muter ke beberapa pantai Pangandaran..Naek perahunya serem bgt soalnya ombaknya lg gede bgt di Pangandaran..Untuk nyebrang smpe pantai Pasir Putih ciy cuma butuhin waktu 15 menit aja..Ada 2 cara bisa ke pantai Pasir Putih yaitu cara pertama kita harus nyebrang pake perahu n yg kedua kita bs trekking lewat Cagar Alam Pananjung, konon klo kita trekking bisa ketemu hewan-hewan kaya monyet, rusa, banteng dll..dan bisa lihat patung, makam, goa n bunga Raflesia..Sebenarnya gw pengen bgt trekking ke Cagar Alamnya itu coz pasti banyak hal-hal menarik yang bisa ditemuin tapi kayanya ga mungkin bgt 3 org cowok itu mau diajak trekking..huh..sebeelll ;(( lagipula mepet bgt di waktu ciy..

Pantai Pasir Putih Pangandaran

Sampe jg di pantai Pasir Putih, kalo dilihat dr struktur pantai emank bagus airnya biru kehijau-hijauan plus pasirnya emank putih (makanya dinamain Pasir Putih) dan banyak pohon di pinggir-pinggirnya (lebih adem dibanding Pangandaran yang banyak tukang jualan doank), klo gw liat ciy agak mirip pantai Tanjung Lesung yaa..
Gw n Addieboy langsung aja snorkeling (gw liat di foto-foto abang perahunya terumbu karangnya keren bgt)..setelah gw nyeburr..lho..lhoo..mana niy terumbu karangnya, ko' ga sebagus di foto abang perahu?? Yahh gw yakin bgt itu foto taun kuda nungging kaliii yaa..ditambah lg di pinggiran pantai banyak bgt perahu lalu lalang, jadi dikit-dikit mau ngeliat terumbu karang, pasti ada aja yg teriakin "Mba..minggir mba, perahu mau lewat" hadeeeuuhhh..ga nyaman bgt dey..Dasar pantainya bukan pasir tapi karang-karang gt, klo ga hati-hati bisa kepentok karang kakinya kaya yang dialamin temen gw Addieboy, blm 5 menit snorkeling kakinya udh berdarah kepentok karang...hahaa...apes niyee..Selesai snorkeling yang cuma 30 menit, akhirnya gw mutusin utk jalan-jalan ke sekitar pantai Pasir Putih..Gw ke bagian atasnya gitu dan ngeliat pemandangan pantai Pasir Putih n Pangandaran dr atas bukit kecil gt..Wow..it was so amazing..Di sekitar bukit kecil itu , gw sempet nemu Goa Jepang..trus ada pula org yg pacaran di atas bukit situ..tapi gpp lha jgn diganggu toh mereka jg ga ganggu gw ko'...hihiii..Selesai nikmatin pemandangan dr atas bukit, akhirnya gw mutusin pulang utk ngelanjutin perjalanan ke Batu Karas yang sekitar 1 jam lg..Cow gw telf si abang perahunya utk jemput kita lg di Pasir Putih (baru kalii ini dijemput ma perahu..valet ga yaa??) dan ternyata pas pulang, ombaknya jauh lebih sereeemmm dibanding berangkatnya..Gilee yaaa ombak laut selatan..gw teriak ketakutan bgt, sumpah dey bukan karena apa-apa coz i can't swim..unfortunately..;((

Pemandangan dari bukit pantai Pasir Putih

Special Message :
Puas ciy akhirnya kesampean jg ke pantai Pasir Putih tapi yang sangat disayangkan adalah terumbu karangnya yang ga sebagus dulu lg n di sekitar pantai sampah berserakan walopun ga banyak..Kalo gw perhatiin ciy karena seringnya diambilin lalu diawetin utk dijadiin cinderamata yang banyak dijual di sekitar Pangandaran..Konon katanya, pasirnya juga banyak dikeruk oleh pihak-pihak yang ga bertanggung jawab..Dan selama ini gw jg ga pernah tertarik beli cinderamata dari terumbu karang selucu apapun dan ga pernah mau ninggalin sampah di tempat wisata..
So please bgt bwt lo semua gw cuma minta klo lg ke suatu tempat wisata, jangan buang sampah sembarangan n rusak lingkungannya..Lo pasti bakal nyesel nantinya setelah tau dampaknya..Pantai jd kotor, terumbu karang ga ada, pasir makin kotor..kalo udh gini apalg yang mau dibanggain dari wisata Indonesia..Semaksimal mungkin kita bareng" jaga wisata Indonesia..because WE LOVE INDONESIA!!!!