Monday, January 24, 2011

Where is Batu Karas & Green Canyon??

Pertanyaan itu yang ada di otak gw pas dgr kata Batu Karas & Green Canyon..What kind of that places?? Is it really green? Or something like Grand Canyon?? And the answer is ask Mr.Google..Ga cuma itu gw dgr di radio n baca majalah, pantai Batu Karas sempet dipake bwt personel King of Convinience surfing pas mereka lg tour ke Indonesia..Wow..tercetus lha ide brilian itu utk celebrate my 24th bday also my 2nd anniversary with my babyboy di Batu Karas

12 Mar 2010

Gw brgkt jam 6 pg sama cow gw n 5 org temennya cow gw anak Simple Family yaitu Danu, Siska, Reggy n Kelik..Berdasarkan yg gw baca n search di Google, perjalanannya makan waktu 8-9 jam..Okay fine, gw perhitungkan sekitar jam 4 atw 5 sore udh bisa nyebur-nyebur disana..Seperti biasa mampir dulu di Starbucks Coffee KM 19 utk beli kopi, cemilan n skalian ambil atm..Rest area KM 19 menurut gw lengkap n nyaman, ada pombensin, coffeshop, restoran, atm, dll..Gw keluar dulu di tol Pasteur coz si Kelik mau ktmu temennya..Sesudah itu gw ngelanjutin perjalanan lg n ternyata di sekitar Nagreg macet total...wadooohhh..ada apaan yaa?? Ternyata ada truk mogok..Kena macet sekitar 2 jam'an lho smpe yg cow-cow ga sempet sholat Jumat karena ga nemu mesjid..Jam 1, gw mampir makan siang dulu di Nasi Liwet Asep Strawberry..Ini merupakan ritual wajib (dukun kaliiii..) kalo lg lewatin daerah Nagreg..


Porsi makan nasi liwet utk 6 org


Suasana makan lesehan di Asep Strawberry

Kenyang makan di Asep Strawberry, lanjut lg jalan menuju Batu Karas..Pemandangannya wajib diacungin jempol..Gw sempet mikir, gileee niy dmn yaa posisinya Batu Karas, sinting bgt ga sampe-sampe udah jalan berjam-jam..Kita semua blm pernah ke tempat itu, jadi kita jalan berdasarkan penunjuk jalan aja, yang penting patokannya Tasik-Banjar-Ciamis-Pangandaran dan dari Pangandaran masih lurus terus ke arah Cijulang yang makan waktu sekitar 1 jam lg..Setelah ditelusuri, akhirnya sampe di daerah Cijulang sekitar jam 6.30 sore..Ngelewatin penginapan Riversider yang deket bgt sama Green Canyon, sayang bgt pas smpe sana mlm jd ga keliatan apa-apa..Pas sampe di Batu Karas, gw sempet kebingungan cari tempat penginapan..Pas lg nanya-nanya di tempat makan, gw kenalan ma salah seorg surfer setempat namanya Didi..Orgnya welcome n friendly ngebantu kita bwt cari penginapan yg sesuai..Di sekitar Batu Karas ada beberapa macam penginapan kaya Java Cove, Pd.Putri, Villa Teratai..Gw sempet ke villa UNKL 347 bandung yg berbentuk kotak n minimalis, namanya Hunting Hi and Low..Villanya keren lho, desainnya keren n stylish bgt..Hargany 200rb/kmr sementara utk yg villa kena 500rb/mlm dan dalemnya lengkap bgt ada ruang tamu dgn sofa yg unik bgt, LCD+karaoke+dvd, dapurnya jg ciamik bgt n full of kitchen set..Selaen itu disewain papan surfing jg n beberapa buku n majalah clothing n surfing tapi sayangnya villa itu harus di-booking 1 bln sblm n posisi villa tersebut ga persis depan pantai Batu Karas..mungkin jalan sekitar 5 menit utk ke pantai Batu Karas..


Surfboard UNKL 347


Design villa Hunting Hi & Low


Suasana kamar



Akhirnya pilihan gw jatoh ke Villa Teratai, dgn nego yg alot sama si Teh Leni -yg punya villa- akhirnya dikenain charge 250rb/hr..Villanya lumayan nyaman, utk villa yg gw pilih terdapat 1 kamar dgn 2 type twinbed, kipas, kamar mandi, ruang tamu kecil n teras..Cukup lha utk ber-6..Untungnya gw bawa bedcover n bantal, jd si Reggy n Kelik tidur di bawah pake bedcover..Malam itu gw n yg laennya ngobrol sama Didi panjang lebar n nanya mcm-mcm soal Batu Karas..Di Batu Karas ternyata banyak dijual "mushroom" (bagi yg berminat bs di-supply langsung ko'..hahaa)..Itu lah gunanya ngobrol dgn org setempat, banyak bgt informasi n pengetahuan baru yg bs didpt..Oiiaa, lucunya ada insiden siram-siraman tepat jam 12 teng coz si Danu bday pas tgl 13 Maret..


Villa Teratai






13 Mar 2010

Morning Batu Karas..
Wuiihh..ternyata di teras depan udh disedian kopi sama si teh Leni..Ngerasain suasana pagi hari di Batu Karas seruu bgt lho..Ombaknya yg saat itu ga begitu besar n banyak yg surfing pula..Gw perhatiin di Batu Karas lebih banyak bule-bule dibanding org lokal..sadiiiss yee..tempat sepojok n seujung ini ternyata lebih dikenal sama turis luar..Kalo org Indonesianya malah asyik nge'mall atau keliling luar negeri..hihii..Lanjut lagiii...gw sarapan dulu di Wr.Kang Ayi coz yg keliatanny rame dibanding resto lain yaa Kang Ayi aja..Like everybody say, yg rame pasti enak..bener ternyata makanannya enak n posisinya pas bgt dpn pantai Batu Karas..harganya pun cukup reasonable..Ternyata di kang Ayi udh nongol si Didi -surfer Batu Karas-, dya nawarin utk sewa surfboard 50rb seharian..murah bgt kan dan dia jg nawarin utk snorkeling di pantai Reef..Dikenalin lha gw dgn beachguard setempat (gw lupa namanya), dya nawarin snorkeling sepuasnya 200rb plus guide..sempet mikir ko' mahal aja yaa, tp gpp lha..Langsung kita meluncur ke pantai Reef yg letaknya ga jauh dr pantai Batu Karas..Pas sampe sana, pantainya sepi bgt n pasirnya jg masih bersih..whoaaa..like a private beach niy..Akhirnya gw n siska -cewnya danu- yg snorkeling, sementara yg laen maen-maen pinggir pantai..That was our first time snorkeling, so we're so excited..yuhuuuuu...dan ternyata ga nyesel lho dgn harga segitu, karang-karangnya masih terjaga bgt n banyak ikan sejenis nemo wara wiri (hello..nemooo, i'm Frida..nice to see u in the sea)..Selesai gw n siska snorkeling, gantian si bubby n danu yg snorkeling..Selesai snorkeling, ternyata kita dikasih ikan n cumi yg banyak dr guide'nya..Baik bgt dey org-org sana..Whooaaaa..lumayan bgt bwt makan nti mlm..yeeaaaayyyy...seafood time..










Snorkeling di pantai Reef



3 Tarzan nyasar..LOL ;D

Selesai snorkeling di pantai Reef, gw n lainnya lgsg balik lg ke pantai Batu Karas..Nah skrg waktunya maen air..Yang cow-cownya sibuk surfing, gw n siska asyik maen bodyboarding aja n leyeh-leyeh di pinggir pantai Batu Karas (inilah akibat ga bs berenang..haha)..Sore harinya gw sempet nikmatin sunset n jalan-jalan ke atas bukit di atas pantai Batu Karas..Pemandangannya cihuyyy bgt dan bisa ngeliatin orang-orang surfing dr atas bukit tersebut..




Sunset di pantai Batu Karas


Selain ke atas bukit, gw, cow gw, Regy n Kelik foto-foto di penginapan Riversider..Penginapan ini jaraknya sekitar 15 menit dr Batu Karas..Konsep dr penginapan ini sendiri back to nature, jadi designnya terbuat kaya gubug di pedesaan gt n pemandangannya langsung air Green Canyon (klo nginep disini bs akses langsung ke Green Canyon)..








14 Mar 2010




Hiks..Hari terakhir di Batu Karas..sediiiyyy bgt..kayanya ga pengen pulang aja..Pagi jam 8 , gw n laennya udh siap packing utk balik ke Jkt..Tapi kita ga langsung balik, gw berencana mampir ke Green Canyon..Penasaran bgt sama tempat ini..Konon katanya yg nemuin seorg bule Prancis yg secara ga sengaja nemuin tempat ini dan langsung ksh nama Green Canyon..Airnya bener-bener hijau kaya daun tapi sayang bgt klo musim hujan jadi coklat..Untuk ke Green Canyon harus sewa perahu sebesar Rp 67.500, kapasitas perahunya bisa muat sekitar 6-8org..Sekitar 30 menit menyusuri, sesudah itu perahu harus diparkir dan kita harus body rafting..Airnya dingin n bersih bgt..Pemandangan yg bagus coz disekitarnya banyak stalaknit n stalaktit atau tebing-tebing tinggi yg disertai dgn tetesan air..wuiihhh..kereeennn...Sesudah body rafting, disana ada batu tinggi bgt n kalo mau uji keberanian kita bisa langsung lompat dr batu tersebut..Tapi gw saat itu cupu sekali ga brani lompat, sementara cow gw udh sampe atas batu'nya malah pelan-pelan mundur ketakutan dgn berbagai alesan, tapi setelah diksh support abis-abisan dya langsung nyebur...Haahaa..kocak bgt ngeliat mukanya...





Tempat pemberhentian perahu







Cheers..


Body rafting



Ga ada puasnya emank di Green Canyon, gw masih terpesona dgn indahnya tempat ini..Selesai body rafting, gw balik lg naek perahu utk balik ke parkiran mobil..Disana udh tersedia WC Umum utk ganti baju ataupun bilas..Parkiran mobilnya jg cukup luas ko' dan banyak org jual makanan disekitarnya, jd ga perlu takut kelaperan abis body rafting...Perjalanan selanjutnya menuju ke pemandian Citumang, katanya ciy tempatnya hampir mirip sama Green Canyon tapi relatif lbh sepi..Tapi setelah cari-cari malah ga ketemu letaknya dimana..Citumang sendiri masih terletak di daerah Cijulang..Sekalian arah balik, akhirnya sempet mampir ke pantai Batu Hiu..Penasaran bgt sama pantai ini dan ternyata pantainya ga bs utk berenang coz ombaknya yg besar..Pantai ini cukup dinikmati coz pemandangannya memang bagus dr atas bukitnya..Dekat pantai ada patung atau batu berbentuk mulut hiu, makanya pantai ini dinamakan Batu Hiu..Pantai ini lumayan sepi karena banyak org yg tidak tahu..Di sini jg terdapat penangkaran penyu..


Pantai Batu Hiu





Batu berbentuk mulut hiu



Sekitar jam 2 siang gw capcus balik dr Batu Hiu..Gw berencana mampir ke Bandung dulu coz si Kelik mnta diturunin di Bdg..Sampe Bdg sekitar jam 8 mlm n makan sebentar di Roti Bakar Madtari yg katanya ciy terkenal bgt di Bdg..Langsung lha gw meluncur ke tempat itu dan ternyata rame bgt..Tempatnya ciy di pinggir jln, ga jauh beda kaya roti bakar kebanyakan, tapi yg bikin gw terkesima adalah porsinya itu lho yg luar biasa plus taburan keju Kraft'nya yg super banyak..Kayanya ini tempat di endorse sama Kraft dey klo gw lihat dr spanduk n perlengkapannya..Gw mesen internet keju spesial aja taburan kejunya udh bleber bgt, cow gw mesen roti bakar keju coklat pisang sama jg kejunya..Dan yg menarik ialah harga nya yg murah bgt..Gw pikir dengan keju sebanyak itu harganya pasti meroket niy, tp ternyata gw salah besar, harga sekitar 8rb-15rb perak aja..Ini niy yg dinamain murah tp kenyang..So recomended!!! Selesai makan di Madtari, gw langsung balik ke Jkt..Ga sempet muter-muter Bandung coz badan udh capek n kantong udh bolong alias abis duitnya..haha..Dan traveling gw ditutup sama pulasnya gw tertidur di tol Cipularang dan bangun-bangun tersentak udh sampe rumah (yaahhh..gw pikir msh di Batu Karas)


Note :

Batu Karas klo gw kasih nilai 8,5..Pantainya memang ga sebagus di Dreamland ciy, tapi tempat ini nyaman bgt bwt org yg pengen refreshing n escape from Jakarta..Ditambah suasananya yg memang banyak turis luar dibanding org lokalnya..Pemandangan di sepanjang perjalanan ke Batu Karas gw acungin 4 jempol..Dan yang paling penting ialah orang-orang setempat yang sangat baik dan friendly bgt dgn pendatang..Disana ga ada tuh nge'getok harga mentang-mentang yg dateng banyakan bule..Harganya sangat reasonable..Tapi yg pantes diwaspadain adalah tempat ini bikin addict dan bawaannya ga pengen pulang..SERIOUSLY ;P



I'll be missing u so, Batu Karas..
I'll be back soon..I promise..



Love,



Miss FreedaLiCious-

1 comment:

  1. kangen batu karas


    kangen surfing lagi


    kangen gila2an lg

    ReplyDelete