Thursday, January 27, 2011

Next Destination?? Tidung Island..

Awalnya gw ngeliat display picture BBM tmn gw n gw nanya itu foto dmn ko' bagus bgt, trus dya jawab di pulau Tidung, Kep.Seribu..Ooh ternyata ada pulau itu yaa coz setau gw kan di Kep.Seribu cuma ada pulau Ayer, pulau Putri, pulau Pramuka, pulau Bidadari, pulau Semak Daun, pulau Macan..dan ternyata gugusan Kep.Seribu emank banyak bgt pulaunya...diitungin satu-satu jg ga bakal kelar..Nah pas search di mbah Google jg foto-fotonya bagus-bagus bgt..airnya jernih n pasir putih..wajib dikunjungin menurut gw..Sebelumnya gw emank ga prnh tertarik utk ke Kep.Seribu, klo menurut gw ciy kaya bukan traveling aja coz masih terasa bau wilayah Jakarta'nya..Kebetulan bgt temen gw -Ance- nawarin paket ke Tidung all in 300rb 2 hr 1 mlm..boleh juga niy..Nah dya blg klo temennya ada komunitas backpacker namanya Next Destination (ND)..Langsung gw ajakin temen-temen gw utk ikut..Ini kali pertamanya gw traveling brg komunitas..Gw sempet bimbang ikut apa ga coz cow gw ga bs ikut krn dya lg sakit dan 3 hari sesudahnya (tgl 20 Mei 2010) gw mau traveling ke Bali seminggu sama cow gw..Tapi saking gedenya rasa penasaran gw n diizinin pula sama cow gw (tumben bgt..hihii), akhirnya gw ikut ke pulau Tidung..And the story goes..



15 May 2010

Gw brgkt bareng temen gw -Andi- naek taxi jam 5 pg ke Rawamangun coz meeting point anak-anak ND di dpn STIE Rawamangun..Pas smpe sana ternyata udh pd ngumpul..Gw bawa temen gw -Andi, Astrid & teh Uni (sepupunya Astrid)-..Setelah dihitung ada mungkin 20org yg ikut..Kebetulan ketuanya ND ini -Idhan- temennya tmn gw -Ance-, jadi yaa ga basi-basi bgt..nah yg lainnya gw ga kenal sama sekali..Gw agak mikir, wadoohhh pd asyik-asyik ga ya orgnya, pd ribet ga ya orgnya..Hush..hushh..gw berusaha ngilangin pikiran negatif gw..bodo amat lha..yg pnting gw bs nikmatin traveling ini..Jam 6 teng, gw langsung brgkt naek Metro Mini yg udh disewa sama Idhan ke Muara Angke -tempat naek kapal menuju pulau Tidung-..Lumayan dpt snack pg kue-kue kecil gt..Sampe Muara Angke sekitar jam 7..ampuunn dey ini tempat, bau, becek, jorok, suasananya rame bgt..gilingan dey dan ternyata di sana udh banyak berkumpul backpacker dr seluruh lapisan (lebaayyy..) utk nyebrang ke berbagai Kep.Seribu pake kapal ojek dan OMIGOD kapalnya tuh bau n sumpek bgt..Penumpangnya ditaro kaya pepes aja gt dan gw dksh tau klo perjalanannya sekitar 3 jam..Whatt??? Mabok-mabok dey gw di tuh kapal..Biaya kena charge kapal 31rb/org sekali jalan..Gw n 3 org temen gw dpt duduk di bagian dlm kapal, duduknya ala lesehan n sempit-sempitan ma org laen..tahaaaannnnn dey..15 menit pertama msh excited ngeliat laut, 15 menit berikutnya ngobrol n foto-foto, 15 menit kemudian...jedaaaaannngg bingung mau ngapain tidur udah, makan cemilan udah, ngeliatin org udah..trus..truuss..bengong dey...dalam hati udh mikir macem-macem, apa jadinya klo niy kapal tau-tau tenggelam, trus gw kan ga bs berenang, trus ntr ketemu paus n hiu gmn, badan gw digerogotin gmn..nah klo ktmu Nyi Roro Kidul gmn..Oiiiaaa gw lupa, klo dia kan ga maenan di utara, maenannya selatan kaya Kemang, Pd.Indah n sekitarnya..haha..makin ngaco dey gw..lanjutkan berdoa aja semoga gw bs baik-baik aja..

Ojek Kapal yg super sumpek


Astrid yg pelor di ojek kapal..hihii ;p

Sampe di pulau Tidung, pose dulu aahhh..


 
Jam 10 pg smpe jg akhirnya di pulau Tidung..Pas kapalnya berhenti ciy ko' ga keliatan sebagus di Google yaa..Okay never mind..Langsung ke homestay (rumah penduduk) yg udh di sewa sama ND..Oooh ternyata disini lebih seru keliling naek sepeda..Setelah naro barang, istirahat n ganti baju, gw n yg laennya jalan-jalan ke sekitar Tidung..Yang bikin Tidung rame n banyak dikunjungi adalah Tidung ini sesuai dgn budget para backpackers n yg tambah menarik ada jembatan panjang yg menghubungkan antara pulau Tidung besar dan pulau Tidung kecil..Pas lg asyik sepedahan di sekitar Tidung, eh ada bocah kecil ngikutin gw n anak-anak ND..Bocah ini ajaib bgt n kocak bgt..dya kayanya cocok jd narasumber, masa yaa ga ditanya tapi ngomongnya panjang lebar...eh busettt..sepanjang perjalanan dr Tidung besar ke Tidung kecil capee dgr ocehannya tuh bocah cerita..Pas gw lewatin jembatan itu..wuiihhh..pemandangannya keren bgt, airnya hijau tosca gt...kereeeeennn bgt..Sepeda ga boleh lewat jembatan makanya gw jalan kaki ke pulau Tidung kecil..Di jembatan itu jg banyak yg adu lompat dgn nyebur ke laut...udh gt anak-anak kecil setempat pd berani bgt..Ga lupa jg foto-foto di sekitar jembatan yg pemandangannya wajib diacungin 2 jempol..Setelah jalan kaki, sampe lha di pulau Tidung kecil..Pulau ini relatif lebih sepi n ga ada rumah penduduk dibanding Tidung besar..Bocah bawel td -namanya Sana- ksh tau klo ada pantai yg bagus bgt di sekitar Tidung kecil..ga tau tuh bocah punya daya magic yg canggih atau gmn, gw n anak-anak ND pd nurut aja gt pdhal jalannya lumayan jauh lho klo dipikir-pikir..tapi ga nyesel ciy pas kita sampe ternyata bagus bgt pantainya..Sepiiiii bgt...pasir putih bersih, ombak tenang, air warna hijau biru..wuiihhh...




Jembatan penghubung Tidung besar dan Tidung kecil



Sana -the hottest artist in Tidung island-



ND's Boys







Selesai dr sana, gw ga lupa utk menyeruput es kelapa muda yg diambil lgsg dr pohonnya..Segeeerrrr beneerrr..Sampe jam 5 sore , gw msh foto-foto n maen air di sekitar jembatan..Tapi ko' rame buangeeettt yaaa jadi kaya cendol pantainyaa..Udah gitu sampah dimana-mana lg n banyak tukang jualan pula..Wahh..ini mah makin lama bisa makin kotor pantainya klo pada ga bs jaga..Jam 5.30 sore gw balik ke homestay n langsung mandi n ganti baju..Ga enaknya klo pergi rame-rame adalah klo mandi harus antri..padahal badan udh gerah n lengket bgt..Disinilah sikap toleransi diperlukan..hihii..Jam 7an gw n yg laennya naek sepeda ke ujung pantai coz rencananya pada mau bakar ikan..Gelap-gelapan disertai ma angin yg kenceng, makin menjadi lha kedinginannya gw..Sekitar jam 10 balik ke homestay bwt istirahat n tidur coz bsk kudu bgn pagi utk snorkeling..


16 May 2010

Jam 5 pg gw udh bangun coz semangat bgt niy..Agenda hari ini yaitu snorkeling di sekitar pulau Tidung..Wow..sounds great right..Penasaran sama terumbu karangnya..Akhirnya gw naek kapal boat yg udh disewa, ada 2 kapal yg dibutuhin coz 1 kapal cuma muat sekitar 10 org..Sesudah itu, langsung muter-muter bwt nyari spot snorkeling ke sekitar pulau Tidung..Sempet mampir ke pulau Payung tapi airnya kotor n banyak sampah..Ini nih akibat dari org-org yg ga bs ngejaga..Buang sampah sembarangan, sampahnya plastik..hadeeeuuuhh..Akhirnya gw balik lg ke sekitar pulau Tidung dan kata abang perahunya ciy ini spot'nya bagus..Langsung nyebur lha kita semua, tapi ko' pas nyebur badan kita kaya di tusuk-tusuk jarum ditambah langsung gatel gitu..sereeem kan..ternyata itu karena kita kepagian n terumbu karangnya belom kena sinar matahari (berdasarkan filosofi abang perahu..tau dey sotoy apa ga..hihii..)..Langsung pindah spot n akhirnya nemu jg spot oke..Gw akuin terumbu karangnya masih bagus bgt, keliatan jelas bgt walopun dr atas kapal..Kereeenn..Airnya yg bening pulaaa...Setelah puas ber-snorkeling ria, akhirnya harus balik ke homestay..Sempet ada insiden klo google atw mask'nya ilang, berdasarkan versi anak ND ciy balikinnya pas, tapi kata abang perahunya kurang 1..Ya udah lha akhirnya dgn sangat terpaksa, kita patungan 15rb/org bwt bayar kehilangan google'nya..Setelah packing, akhirnya gw langsung ke pelabuhan utk ikut kapal yg jam 12..Wahhh..pas pulangnya bener-bener sereeemm abiss..Ombak gede, hujan deres pula..Untungnya gw duduknya di dek dlm coz tdnya gw pengen duduk di dek atas..Ditambah pula, banyak penumpang yg mabok laut..Huueekkkss..Perjalanan 3 jam itu ditemenin sama suara muntah n bau minyak kayu putih banyak org..



 



On d'boat after snorkeling



Note :

Klo traveling bareng komunitas gitu, yang diperluin adalah kesabaran n toleransi yg gede..Tapi jujur aja yaa, gw ciy ga demen klo traveling bwa banyak org gt coz pasti ribet n pada lelet..Udah gitu pada banyak maunya dan gw paling males ngikiutin itinerary..Itu menurut gw yaa..Untuk Pulau Tidung, gw akuin terumbu karangnya oke, tapi gw agak ga nyaman n ga mau klo dsuruh balik lg ksna..Suasananya udh rame bgt kaya pasar..Utk kebersihannya jg masih kurang, masih banyak sampah bertebaran dimana-mana..Sayang aja gt pantai sebagus itu harus kotor karena tangan-tangan manusia jg..Menyedihkan..Anyway, thx for NDers guys..U really made my traveling's list..;))


And next destination???

Love,




Miss FreedaLiCious-

No comments:

Post a Comment