Wednesday, January 26, 2011

Hidden Paradise of Tj.Layar, Sawarna..

Awalnya gw selalu nonton program tv Backyard Adventure di O Channel tiap minggu mlm jam 8..Program ini selalu mengulas seputar traveling ke berbagai tempat di Indonesia..Sampe suatu hari membahas perjalanan ke pantai Tanjung Layar, Sawarna..Wow keren bgt pantainya..Ada dua karang menjulang tinggi di pinggir pantai ditambah ombak yg besar dan pecah kena karang tersebut..Perfect!!! Akhirnya gw penasaran dan langsung search di Mbah Google (as always..)..Ooh ternyata letaknya di daerah Bayah, Banten Selatan..Setelah baca dari blog berbagai org, rekomendasinya memuaskan semua..Yaaappp..makin penasaran aja gw dan seperti biasa setiap nemu tempat baru pasti langsung laporan ke cow gw n ujung"nya ngerayu utk bs kesana (haha..untungnya cow gw demen traveling jg)..Gw tetep search ttg pantai ini, ternyata di pantai ini ga ada villa atau hotel, yg ada hanya homestay (rumah penduduk) dan pantai ini relatif sepi dibanding pantai sekitar seperti pantai Pel.Ratu atau pantai Uj.Genteng..Perjalanan makan waktu sekitar 5-6 jam dr Jkt dan bisa dilalui lewat Sukabumi karena jalannya lebih bagus..Setelah dapet info lengkapnya, akhirnya ditetapkan (taelahh..UUD kalee yaa) brangkut hari Sabtu dan ga nginep..


3 Oct 2009

Gw brgkt jam 6 dr rumah sama cow gw, temennya cow gw -Reggy- dan cewnya -Ocha-..Sesuai info yg didpt, gw lewat Sukabumi aja coz dibanding lewat Banten makan waktu yg lebih lama dan jarak yg jauh pula..Jalan yang diambil tol Ciawi, Lido, Sukabumi, Bayah, Sawarna..Wahh..ngeliat pemandangan daerah Bogor nyaman bgt, ditambah udaranya masih fresh..Di daerah Lido sempet mampir sebentar utk sarapan bubur Cianjur yg banyak di sepanjang jalan Lido-Sukabumi..Pilih aja yg paling rame, pasti dijamin enak..Jalanan mulai berkelok dgn pemandangan di sekitar gunung-gunung n pepohonan saat masukin daerah Sukabumi..Ngelewatin beberapa tempat rafting yaitu Arus Liar, Caldera dan Cherokee..Sampe akhirnya susur pantai Pelabuhan Ratu, pantai Karang Hawu dan pantai Cimaja..Pas di daerah Pel.Ratu, sempet nanya ke org kalo desa Bayah itu brp jam lg? Menurut org itu ciy deket ko', kira" 1 jam lg (whatt..deket dr mana pak?? Wadoohh..asal bgt yaa si bapak)..Gw tetep susurin jalan dr pantai Cimaja, karena berdasarkan blog-blog yg gw baca, dr pantai Cimaja masih lurus lg dan akhirnya sampai ke desa Bayah, Sawarna..Herannya jalanan ke daerah sana masih halus bgt aspalnya, beda bgt sama di Jkt yg banyak lobang menyesatkan..


Pantai Pel.Ratu

Pemandangan dari atas Pel.Ratu



Jalan yang masih halus

Ternyata gw baca plang klo udh masuk daerah Bayah..Di pinggir jalan di sekitar Bayah banyak terdapat tumpukan aspal n batu bara, menurut info yg gw dapet ciy daerah Bayah emank penghasil batu bara..hebat yaaa..Setelah disuguhin pemandangan yg eksotis n menarik, akhirnya ketemu jg desa Sawarna..Setelah mentok ada pertigaan, belok kiri ke desa Sawarna dan belok kanan ke arah Bayah, Banten dan bs nembus Uj.Kulon dan Tanjung Lesung dgn susur pantai..Sesudah belok kiri, gw sempet nanya org setempat letak dr pantai Tj.Layar..ternyata masih 30 menit lg..Wuiihh..adrenalin gw makin naik dan semakin besar pula rasa penasaran gw..Di sepanjang ke arah pantai Tj.Layar, banyak perkebunan karet..Oiiaa, setau gw ciy pantai Tj.Layar ini merupakan tempat shooting film Kamulah Satu-satunya yg dibintangin Nirina n Junior..Bener-bener ga ada plang atau petunjuk utk ke pantai ini..Jadi sepanjang jalan gw liat kanan kiri utk merhatiin takutnya kelewatan aja..Jam udh nunjukin setengah 12 siang, hmm..lumayan niy perjalanannya tp ko' blm nemu-nemu yaa..Sampai akhirnya gw ngeliat org bule nenteng surfboard, gw yakin kalo pasti ke arah situ pantainya..Pas gw nanya org setempat, ternyata bener arahnya..tapi..tapii..lewat mana?? Ko' ga keliatan pantainya...Oaalllaahh..ga ada jalanan mobil dan mobil harus parkir di Balai Desa dan kita harus ngojek atw jalan kaki ke arah pantai..Seruu kan..Setelah nego dgn tukang ojek, deal harga 25rb bwt anter jemput kita di pantai itu..Dan ternyata oh ternyata, gw n ojek harus ngelewatin jembatan goyang yg bawahnya ada sungai, nah sungai itu konon masih ada buayanya..Masya Allah..jembatannya udh goyang-goyang ditambah ada buaya pula..Oh nooo...Deg-degan bgt lho di jembatan goyang itu, akhirnya gw nyuruh tukang ojek jalan dulu aja n gw jalan bak keong pelan-pelan bgt di atas jembatan itu...sereeemmmm...

Jembatan Goyang


Sesudah ngelewatin jembatan horor itu, gw ngelewatin rumah penduduk..Nah disini rupanya banyak homestay..Gw liat ciy banyak bule-bule di homestay itu..Setelah 10 menit ngojek, sampai lha gw ke pantai itu...Wow..it was sooooo amazing...Ada 2 karang tinggi menjulang agak menjorok ke pantai dan di pinggir-pinggirnya kaya ada kolam-kolam kecil dari karang..Di kolam-kolam itu, banyak terdapat ganggang laut, bintang laut, ikan-ikan kecil, ubur-ubur, kepiting bahkan ada bentuk aneh-aneh gw ga tau apa namanya...Pantainya masih sepi bgt..Pas gw smpe sana, ternyata pas nengok kanan kiri, cuma kita ber4 aja..Another of private beach i think..Ditambah ngeliat ombak yg besar pecah kena 2 karang itu..kereeeennn bgt..

Pantai Tj.Layar













Puas nikmatin di 2 karang itu, gw ngelanjutin susur pantai dgn jalan kaki..Ga jauh dr pantai Tj.Layar, ada pantai Ciantir..Pantai ini terkenal dgn ombaknya yg dahsyat bwt surfing..Kalo di pantai Tj.Layar didominasi sama karang, sebaliknya sama Ciantir..Pantai ini ada pasirnya yg masih putih lembut..Di pinggir pantai itu ada 1 villa yg pas gw lihat ternyata isinya bule semua..Pas di warung kecil sebelah villa, gw sempet mampir beli minum n ngobrol dgn ibu-ibu yg jualan..Ternyata itu bule udh stay disitu selama 2 bln..sadiiisss..kata ibu itu ciy dr Australia..Gw liat di depan villa, emank banyak surfboard'nya lg dijemur..See..sinting kan turis luar..tempat sepojok ini mereka bs nemu lho..Gw sempet mikir, dr mana yaa mereka tahu tempat-tempat ini..Edaannn!!!! Sambil nikmatin minum, gw leyeh-leyeh n sempet nyebur dikit di pantai Ciantir..Bener-bener udh kaya pantai pribadi dey..Pantai Tj.Layar n pantai Ciantir agak jauh dr rumah penduduk ya sekitar 10 menit..Udah jam 3an sore, gw telf tukang ojek yg td utk jemput..Dagdigdug lagi coz ngelewatin jembatan horor itu..Gw rencana pengen makan seafood di pinggir pantai, tp ternyata kata org setempat ga ada TPI (Tempat Pelelngan Ikan) disini, terpaksa gw ngejar waktu bwt makan seafood di TPI daerah Pel.Ratu sambil ngeliat sunset..Pas arah balik ke Pel.Ratu, gw sempet berhenti bentar di atas bukit coz ternyata view pantai Ciantir dan Tj.Layar keren bgt dilihat dr atas...Perfect!!!




Jam 5an sore, gw smpe daerah Pel.Ratu..Setelah cari-cari dpt jg akhirnya TPI..Yeeaaayyy seafood time dan untungnya dapet lesehan pas bgt pinggir pantai..Disitu banyak pula ternyata yg pd surfing, tapi sayangnya ombaknya lg flat..Sunset pun ga begitu bagus coz cuacanya agak mendung..Jam 6.30, gw mutusin untuk balik ke Jakarta..dan perjalanan gw pun ditutup dengan kemacetan Sukabumi di malam minggu, but i really enjoy it..






Love,




Miss FreedaLiCious-

No comments:

Post a Comment