Wednesday, January 19, 2011

Traveling oh Traveling..


http://en.wikipedia.org/wiki/Travel 
"Travel is movement of people between relatively distant geographical locations for any purpose and any duration, with or without any means of transport. Travel also includes relatively short stays[1] between successive movements. Movements between locations requiring only a few minutes are not considered as travel"




Well, i love traveling soooo muchh...mungkin kalo berdasarkan list tempat yg udh gw dtgin n berdasarkan arti sesuai wikipedia, gw blm bs disebut "A TRUE TRAVELER"..soalnya klo menurut gw, smpe itu org disebut kaya gt harus udh keliling ke berbagai negara dunia n punya budget khusus bwt traveling itu sendiri. Dari kecil emank gw sering diajak jalan-jalan sama keluarga gw, secara bokap gw emank tukang jalan-jalan..tapi pas kecil dulu pas diajak jalan-jalan, gw cuma duduk di mobil, tdr, pas smpe tempatnya liat-liat bentar smbil makan abis itu pulang..Simple isn't it?? Padahal tempat-tempat yg gw kunjungin termasuk ciamik berat lho..kaya Bali, Lombok, Bandung, Yogya, Palembang, Jambi..Dan gw baru menyadari klo jalan-jalan bukan sekedar jalan jauh, tidur trus liat-liat doank sejak 3 tahun terakhir ini..Telat bgt kan yaa...umur gw ud segini, baru menyadari serunya traveling pas umur gw 21..bodohnya diriku..!!! Nah awal jalan-jalan gw pertama pas taun 2008 yaitu ke Ujung Genteng, Sukabumi itu pas bgt sama moment bday'nya cow gw (info lengkapnya pasti gw bakal posting nanti). Sejak itu gw jd demen bgt traveling, yupp..gw lbh suka nyebutnya traveling dibanding jalan-jalan atau liburan coz klo jalan-jalan atw liburan menurut gw cuma sekedar seneng-seneng aja, ga ada makna didlmnya (itu menurut gw lhooo..), sedangkan traveling bs nambah byk bgt wawasan n pengetahuan gw. Sejak itu pula gw jd sering googling ttg komunitas backpacker n traveling, baca buku n majalah traveling plus tiap hari gw selalu liat gambar-gambar atau foto-foto di Flickr atw Google ttg eksotisme Indonesia, entah itu pantainya (well, i am a beach junkie) atau pesona lainnya. Besides that, gw selalu punya planning bulanan (ayoo..mau kmn lg kita?? Kaya Dora The Explorer doon..) n bljr nabung..Sayang aja semua itu selalu kebentrok di waktu, wajar lha sebagai pekerja kantoran yg liburnya cma weekend, gw ga bs sembarangan traveling kmn-kmn. Itu yg menyedihkan..I hope i can be "A FULL TRAVELLER" soon..Ditambah lg dengan muaknya gw tinggal di JAKARTA (yg katanya ibukota tercinta) dengan segala kemacetan, polusi, kesibukan tinggi, i think i'm gonna move from here n live in Bali or Australia (i wish dear God..amiiieeennn..hehe)..
Banyak hal-hal positif yang gw ambil dari traveling selama ini yaitu :
  1. Traveling bukan sekedar jalan-jalan biasa, bukan sekedar lo dtg ke tempat itu trus foto-foto, cekikian, bikin status di social network (byar tetep eksis) trus pulang dey...Bukan sama sekali!!!! Traveling bisa bikin nambah wawasan n pengetahuan dr cuma sekedar baca berpuluh-puluh buku, yg tadinya buta sama sekali bs jd melek dikit-dikit. Disitu kita bs tau ttg budayanya, gaya hidupnya, tempat-tempat tersembunyinya, makanan khasnya, karakter orang-orangnya, etc. Banyak bgt hal baru yg bisa kita dpt dr traveling..sumpah dey, ga bohong (di sumpah pocong jg mau..lhoo)
  2. Traveling bisa bikin kita bangga sama negara sendiri a.k.a Indonesia. Indonesia itu luas bgt jek, dikelilingin 1 tahun jg ga bakal cukup, makanya gw pengen bgt keliling Indonesia dulu sebelum keliling ke negara lain (lho..ke Ibiza n Maldivesnya kpn doon??), udh gt di Indonesia banyak bgt tempat-tempat wisata yang banyak org Indonesia sendiri ga tau tp turis luar malah tau bgt bahkan udh stay disana berbulan-bulan, amazing right?? Contohnya aja Raja Ampat, Pulau Panaitan, Pulau Moyo, Pulau Cubadak, Gili Trawangan, Komodo, dll..Blahh..org Indonesia sendiri aja boro-boro prnh kesitu tau dmn tuh tempat itu berada jg gw yakin bakal gini jawabnya "di mana itu?? negara baru ya? ujung antartika ya?? pulau bekas darwin ya atw pulau pembuangan mayat??"
  3. Traveling bikin hidup kita ga bosen n punya banyak cerita..selama ini gw tinggal di Jkt yang tiap hari klo weekend paling ke mall, ngopi, nonton, tiap minggu kaya gt tuh gw dulu (smpe skrg jg masih tp dikurangin bgt). Lama-lama gw ngerasa bosen aja gt dgn rutinitas ala anak ibukota yg kaya gt, utk urusan duit pun udh pasti sekali jalan pasti ngeluarin minimal Rp 300.000 bwt bensin, tol, makan, nonton, ngopi, clubbing..helloooooo..ditambah ngeluarin duit segitu ya tempatnya disitu-situ aja..Don't u feel so bored, guys?? Maksud gw duit segitu kan bs dipake utk jelajahin tempat-tempat baru walapun yg deket-deket dulu kaya ke Cimaja, Curug Seribu, Sukabumi, dll..Gw yakin semakin banyak kita kunjungin tempat-tempat baru, semakin banyak pula kita punya cerita n pengalaman..and next our life gonna be colourful ;))



Oiiiaaa, klo traveling biasanya ada hal-hal menarik niy contohnya :
  • Ga ush ngajakin pasukan segambreng coz menurut gw traveling itu kan refreshing sambil meditasi jg, klo ngajakin banyak org biasanya BM a.k.a bau mulut wuuppss..Banyak Maunya..udh gt harus saling nunggu-nungguin lg..maleesss gillaaa..bukannya ga setia kawan atw egois, tp kan bisa abis di waktu. Oiiaa, yg wajib diajak ciy yg demen atw gila traveling jg, coz klo ga, bisa-bisa tiap menit dgrin keluhan mulu..malesin bukaann??
  • Harus megang duit n kuat fisik..biasanya gw ada budget khusus utk traveling coz byasanya gw punya planning-planning tersembunyi yg ada di otak gw utk segera direalisasikan (klo ga, bs pingsan gw..lebaaayyy), tapi harus kuat fisik jg, secara klo ada duit tp pas perjalanannya muntah-muntah atw ngeluh sakit mulu bisa-bisa gatot travelingnya
  • Selalu ngobrol dgn org setempat dan wajib nyobain makanan khasnya..wajib bgt itu menurut gw..Dengan kita ngobrol, kita pasti bakal banyak dpt hal baru n info-info mutakhir yang kadang di buku atw Mr.Google ga ada..seriously ;p
  • Gw paling sebel bgt klo misalnya ada org traveling  msh sibuk berkutat dgn gadgetnya kaya hp, laptop, kamera..Gpp ciy utk bahan dokumentasi tp yaa masa udh pergi jauh tp masih asyik sibuk dgn dirinya sendiri ciy
  • Diusahain ciy ga ush terpaku sama itinerary, misalnya jam segini harus ksni, jam segini kesana, jam segitu kesono..well, that's so boring guys..just go with d'flow and enjoy it..apapun itu, mau kita sakitnya jatoh pas lg banana boat kek, ktmu hantu di penginapan kek, nyobain makanan yg mahal tp ga enak kek, pas smpe tempatnya ternyata ujan terus kek..It really okay..Those are the part of experiences..u'll never know if u never try..
Setidaknya gw jd lebih n lebih pengen lg traveling n eksplore ttg Indonesia..gw ga mau kalah sama bule-bule utk naklukin eksotisme Indonesia
Indonesia has many real paradise, isn't it??


Pulau Moyo...i wish i can go there soon ;p
Raja Ampat
















"Traveling is not about a destination..
It's about a journey.."
-Trinity The Naked Traveler-



Keep on traveling..;D



Love,





Miss FreedaLicious-

No comments:

Post a Comment